Selasa, 24 November 2015

"CONTOH PROPOSAL BISNIS"

Proposal IN CROWN Hijab
A. LATAR BELAKANG
Dimasa sekarang ini, kesadaran para wanita muslim untuk menutup aurat kini semakin besar. Di sisi lain, berhijab membuat wanita semakin terlihat cantik, sopan dan memancarkan kesejukan dari dalam dirinya.  Untuk itu kami mencoba untuk mebuat produk jilbab yang sesuai dengan berbagai kalangan, mulai dari anak-anak, remaja, maupun dewasa. Kami menawarkan berbagai bentuk dan motif hijab yang dapat disesuaikan dengan kegiatan sehari-hari para wanita muslim, dengan harga yang terjangkau dengan budget anak remaja. Selain itu keunikan dari produk hijab kami yaitu, hijab dengan material berkualitas yang nyaman digunakan, simple tapi elegan, limited edition, dan yang pasti lebar dan syar’i. Kami meluncurkan dengan brand kami sendiri, IN CROWN. 
B. TUJUAN
1.      Tujuan Umum
·         Mendapatkan keuntungan dari produk yang kami produksi.
·          Meningkatkan keinginan muslimah untuk berhijab.
·         Membuat produk yang  membuat konsumen tampil trendy namun tetap syar’i.
2.      Tujuan Khusus
·         Memberi kemudahan bagi muslimah dalam mencari jilbab/hijab untuk senantiasa menjaga dan menutup aurot.
·         Memberikan pilihan-pilihan hijab yang cantik dan elegan untuk dipakai.
C. PELUANG BISNIS
Produk ini memiliki peluang bisnis yang cukup menjanjikan. Karena telah banyak muslimah yang memilih untuk memakai hijab, dan diantara mereka terkadang merasa bosan dengan tatanan jilbab yang terkadang monoton. Tetapi dengan adanya produk IN CROWN yang kami produksi dengan banyak motif, para wanita muslimah tidak akan merasa bosan dan monoton dalam berhijab. 
D. NAMA USAHA
Usaha produk hijab yang kami dirikan diberi nama “IN CROWN”
E. RENCANA LOKASI USAHA
Kami memasarkan produk  kami dengan cara online via social media yang populer,  agar mempermudah para konsumen untuk mendapatkan produk kami.
F. TARGET PELANGGAN
Sasaran atau target kami adalah muslimah dari segala usia. Baik yang telah berhijab maupun yang belum. 
 
G. ANALISA PELUANG USAHA
Setiap kegiatan untuk memulai usaha, maka hal yang harus dilakukan terlebih dahulu adalah mengukur kemampuan terhadap lingkungan atau pesaing, yaitu melalui analisis SWOT:
1. Strenght (Kekuatan)
    Kekuatan dari produk ini adalah:
    - Menjual produk untuk semua kalangan masyarakat
   - 1 (satu) produk terdiri dari beberapa macam bentuk dan rasa
   - Bahan produk yang terjamin dan higienis

2. Weakness (Kelemahan)
    Kelemahan dari produk ini adalah:
    - Tidak tahan lama
    - Produknya mudah ditiru

3. Opportunity (Peluang)
    - Tempat Strategis
    - Fasilitas yang cukup memadai

4. Threath (Ancaman)
    - Adanya pesaing yang menjual produk dengan harga yang lebih murah
 
H. ANALISA PEMASARAN PRODUK
Strategi pemasaran yang kami gunakan adalah:
·         Strategi Harga
Strategi harga dilakukan berdasarkan harga pasar, harga yang ditetapkan adalah harga yang disesuaikan dengan bahan produksi, model juga motif yang unik dan tidak pasaran, serta dengan kualitas yang baik.
·         Strategi Promosi
1.       Promosi penjualan yang bisa dilakukan adalah pelayanan yang ramah pada konsumen melalui media sosial yang digunakan dan mengikuti pameran dan bazaar.
2.       Setiap pelanggan yang membeli produk IN CROWN  lebih dari 10 buah akan mendapatkan free ongkos kirim. Ini adalah salah satu bentuk promosi yang dapat menyedot banyak konsumen.
·         Strategi Bisnis
1.       Mempelajari pesaing, ambil hal-hal yang baik dari mereka.
2.       Melakukan modifikasi dalam membuat motif dan model hijab.
I. KEUNGGULAN PRODUK
Keunggulan dari produk ini yaitu:
         1.      Hijab dengan motif-motif yang tidak pasaran  dan material yang berkualitas.
         2.       Memiliki brand tersendiri yang beda dengan produk lain.
         3.       Bisa digunakan untuk berbagai bentuk hijab.
         4.        Harga yang cukup terjangkau.
J. PEMBIAYAAN
Pembelian bahan/kain untuk hijab                   Rp. 2,000,000.00
Biaya Jahit tiap Hijab                                       Rp. 15,000.00
  •  RESIKO USAHA
·         Analisis resiko usaha dan antisipasinya
Setiap perbuatan tentu melahirkan resiko. Demikian pula produk kami akan mendatangkan berbagai resiko sebagai berikut.
a.         Produk kurang menarik minat muslimah.
Manusia memiliki selera yang berbeda satu sama lain. Demikian pula dalam hal berpakaian dan berjilbab. Banyak wanita, khususnya wanita berjilbab yang kurang memperhatiakan penampilan mereka dikarenakan kesibukan dan kurangnya rasa percaya diri.
b.         Jilbab yang kadaluarsa
Adakalanya barang tidak mudah terjual , sehingga menimbulkan kesan monoton dan menurunkan kualitas produk.
c.         Modal usaha
IN CROWN memang tidak memerlukan modal yang terlalu besar. Tetapi juga tidak bisa dibilang memerlukan modal yang relatif kecil. Sebagai usaha membangun suatu kualitas, modal awal demi terwujudnya suatu produksi yang maksimal sangat dapat mendukung keberlangsungan usaha.

KESIMPULAN

Harapan kami untuk usaha “IN CROWN” ialah supaya produk ini bisa lebih berkembang dan banyak konsumen yang berminat.


Sumber : 

http://thegayatri.blogspot.co.id/2015/04/tugas-softskill-kewirausahaan-1.html
http://hikaru92.blogspot.co.id/2013/12/proposal-perusahaan-tugas-softskill.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar